Jumat, 29 Maret 2013

pidato "kenakalan remaja"


Assalamaualakim warrahmatuhlah wabarakatuh…
yang terhormat dewan juri..
yang terhormat panitia pelaksana lomba pidato universitas muhamadiyah..
yang terhormat seluruh dewan guru pendamping siswa.
dan teman-teman sekalian
terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya, pertama-tama perkenankan saya untuk perkenalkan diri saya. nama saya HASRINANDO SAPUTRA LARONGA saya berasal dari SMKN 1 KENDARI.
saya akan membawakan sebuah pidato yang berjudul :

“kenakalan remaja yang membuat Indonesia menjadi tertinggal”

Pada era-globalisasi ini, telah banyak manimbulkan kenakalan pada remaja. Ketika kita berpikir apa itu kenakalan ? mengapa begitu menyeramkan ketika kita dengar ? ya, kenakalan itu adalah suatu tindakan dari seseorang yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di dalam masyarakat. Nah jika kita dengar kata remaja itu sudah begitu familiar ditelinga kita, remaja yaitu mereka yang berusia tiga belas sampai dengan delapan belas tahun. Pada usia, tersebut, seseorang sudah melampui masa kekan-kanakan, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan sebagai remaja. Nah, seperti kitalah yang merupakan remaja.
Namun saya mengaris bawahi perkataan dari kartono, yang merupakan ilmuwan sosiologi yang mengatakan bahwa “kenakalan remaja adalah gejala patologis social pada remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian social”. Patologis social, Patologi social adalah semua tingkah laku yang bertentangan dengan norma kebaikan, stabilitas local.
Jadi, kenakalan pada remaja sudah sangat di resahkan oleh orang tua, bagaimana tidak seorang anak yang dibiayayi untuk bersekolah, hingga orang tua di buat pusing karenanya, malah hanya menghamburkan-hamburkan uang tersebut, membohongi orang tua yang mengatakan kesekolah. Namun, alhasil mereka  tak pergi kesekolah. Bagaimana cita-cita Indonesia akan terwujud jika anak bangsanya seperti ini. apakah kalian tak sedih meelihat Indonesia seperti ini. memiliki penerus bangsa yang tak tahu akan arti penting dari cita-cita bangsa.
Banyak orang berkata bahwa, Indonesia maju karena keahllian dari penerus bangsa. Keahlian ini dari segi positif jangan kita lihat dari segi negatifnya. Karena jika kita melihat segi negative dari penerus bangsa sangatlah rusak. Bahkan keahlian negative dari penerus bangsa sudah tak diragukan lagi, begitu sering diungkap dalam berita-berita ataupun diinternet yang begitu mencekam.
Ada remaja yang mengikuti aliran terlarang yang aliran terebut merupakan aliran yang akan menghancurkan Indonesia. Bayangkan, tempat dia,orang tua,adik maupun kaka, dan seluruhnya tinggal diindonesia. Namun, kok tega mau menghancurkan Indonesia. Kemana ia menaruh otaknya.
Adalagi kasus remaja yang mencabuli remaja perempuan, subbhanallah. Pertanyaanya apakah anak tersebut tidak pernah bersekolah, tidak pernah dididik oleh orang tuanya. Sungguh menghawatirkan kasus ini, apalagi kasus ini tak dapat titik terang dari pemerintah maupun dari pihak berwajib.
Ada juga kenakalan dari wanita yang terbiasa berada di dunia malam atau klabing yang terpaksa harus menjadi wanita murahan yang dapat dibeli dengan uang ratusan ribu. Mengapa harus seperti itu kita sebagai teman justru membiarkannya. Kita lihat masa kini udah begitu banyak perempuan kawin di bawah umur bahkan itu diakibatkan sudah mengandung subhanallah. Begitu banyak perempuan yang nikah dibawah umur ada yang nikah dengan bupati, ada yang nkah dengan pengusaha, bahkan ada yang nikah dengan orang yang tak punya pekerjaan. Itu semua karena nafsu dan Uang.
Kita mengambil contoh yang paling dekat dengan kita yaitu, teman kelas kita yang nakal. Mereka akan menghalalkan cara bagaimana agar mereka tidak masuk belajar, mulai dari bolos, ataupun sengaja mengirim surat sakit, padahal mereka tidak sakit. Sakit benar baru tahu rasa.
Sebenarnya latar belakang kenakalan remaja yaitu rangkaian factor yang saling mengikat. Lingkungan keluarga merupakan yang terpenting. Hasil survey mengatakan bahwa kenakalan remaja nakal akibat dari keluarganya sendiri. Entah itu bercerai, berantem,ataupun yang lainnya.
Namun, ini bukan hal yang menyebabkan seorang remaja harus menjadi nakal. Mengapa mereka tidak berpikir. Seharusnya mereka mengerti, dengan, menjauhi hal-hal yang dapat menyebabkan mereka menyimpang dari perilaku sebenarnya dengan selalu berpikir kedepan bukan berpikir kebelakang.
Sebagai langkah pertama yang digali dan dicari kenakalan remaja yang berpangkal pada remaja itu sendiri. Kendatipun masa remaja itu tidak ada bata sumur yang tegas, yang ditunjukan akan tetapi saya memilih dalam batas usia kejahatan, minum-minuman keras, merokok ditempat umum sebelum batas umur yang pantas dan sebagainya.
Sebenarnya, ada usaha untuk menanggulangi kenakalan pada remaja yaitu, adanya motivasi dari keluarga,guru,teman sebaya untuk melakukan prinsip keteladanan. Pemberian ilmu yang bermakna yang terkanung dalam pengetahuan dengan memanfaatkan film-film yang bernuansa normal, media masa ataupun perkembangan teknologi lainnya. Serta membentuk suasana sekolah yang kondusif, nyaman buat remaja agar dapat berkembang sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
Mari kita jadikan diri kita untuk melindungi teman kita yang telah jatuh dan menyalahi norma-norma yang ada, sebab kita semua adalah generasi muda yang berrsama-sama akan memajukan serta mewwujudkan cita-cita dari bangsa Indonesia.
Sekian dan terima kasih.
Assalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh


Assalamaualakim warrahmatuhlah wabarakatuh ...
The honorable judicator ..
Dear steering committee Muhammadiyah university speech contest ..
Dear all student council teacher aide.
and all friends

thank you for the opportunity given to me, first of all please allow me to introduce myself. My name HASRINANDO SAPUTRA LARONGA I come from SMKN 1 KENDARI.
I will bring a speech entitled:

"Juvenile delinquency makes Indonesia a lagging"



In the era of globalization, there has been a lot of  raise delinquency in adolescence. When we think of what it is delinquency? why it's so scary when we hear? yes, it is an act of mischief from someone who deviate from the norms prevailing in the society. Well if we hear the word teenager was already so familiar our ears, namely those aged teens thirteen to eighteen. By age, those, someone already exceeded infantile period, but is still not mature enough to be able to say as a teenager. Well, as we who are teenagers.

However I underline highlight words from Kartono, a sociology scientist who says that "juvenile delinquency is a symptom of social pathology in adolescents caused by a form of social neglect." Social pathology, social pathology is all behavior contrary to the norms of goodness, local stability.

Thus, delinquency in adolescents already at troubing by parents, how does a child funded to school, made up of parents so dizzy, even just wasting waste of money, lying to parents who say school. However, as a result they do not go to school. How Indonesia ideals will be realized if the kid nation like this. if you do not like this sad see Indonesia. the nation that has no idea of ​​the importance of the ideals of the nation.
Many people say that, because expertise Indonesia ahead of the nation. This expertise in terms of positive do have a look at the negative side. Because if we look at the negative aspects of the nation is broken. Even negative expertise of the nation is no doubt, so often expressed in the news or the internet is so gripping.
There are teenagers who follow the flow of illicit stretcher flow is the flow that would destroy Indonesia. Imagine, where she, a parent, brother or sister, and all live in indonesia. However, how would have the heart to destroy Indonesia. Where he put his brain.
there is cases of teenagers who molested girls, subbhanallah. The question is whether the child has never been to school, never educated by their parents. Really worrying cases, especially the case can not be the bright spot of the government or of the authorities.
There is also the delinquency of a woman who used to be in the world tonight or klabing who was forced to be a slut can be purchased with the money of hundreds of thousands. Why do we need such as a friend just let it go. We see today already so many married women under age even that result already contains subhanallah. So many women who marry underage marriage there with regents, there are married with employers, there is even a marriage with someone who does not have a job. It's all because of lust and money.
We take the example closest to us is that we were naughty classmates. They will justify the means how they did not go to learn, ranging from truancy, illness or accident sent a letter, but they are not sick. Pain actually just found out the taste.
Actually the background of juvenile delinquency is a series of interlocking factors. Family environment is paramount. The survey says that the juvenile delinquent due to his own family. Whether it's divorce, fighting, or anything else.
However, this is not a thing that causes a teen to be naughty. Why did not they think. Supposedly they understand, to, avoid things that may cause them to deviate from the actual behavior by always thinking ahead and not thinking backward.
As a first step excavated and searched stemming juvenile delinquency in adolescence itself. Although adolescence is not a firm brick wells, which will be shown but I chose the age limit crime, drinking, smoking in public places before the appropriate age limits and so on.
Actually, there was an attempt to address juvenile delinquency in that, the motivation of the family, teachers, peers to practice the principles of modeling. Giving science a pregnancy meaningful knowledge by utilizing nuanced films normal, mass media or other technological developments. And formed a school atmosphere conducive, comfortable place for teens to develop in accordance with the stage of adolescent development.
Let us make ourselves to protect our fallen friend and violate norms exist, because we are all young people who together will promote and realize ideals of the Indonesian nation.
That's all and thank you.
Assalamualaikum warrahmatulahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar