Rabu, 27 Maret 2013

pendidikan jasmani dan rohani "sepak bola"


KATA PENGANTAR
Pertama-tama kami mengucapkan syukur alhamdullilah kepada allah swt karena berkatnyalah kami dapa menyeesaikan makalah ini mengenai SEPAK BOLA. Kami pula tidak lua mengucapkan terimakasih banyak kepada guru mata pelajaran kewirausahaan yang telah memberikan tugas makalah ini.
Makalah ini disusun berdasarkan referensi-referensi yang ada dan telah ditetapkan oleh pemerintah maupun FIFA. Keistimewaan makalah ini dibandingkan dengan makalah yang lainnya adalah, makalah kami berisikan berbagai materi mengenai SEPAK BOLA  yang terlengkap dalam makalah ini.
Dari berbagai keunggulan yang ada, buku ini diharapkan mampu  mendorong peserta presentasi agar mampu mengetahui hal-ha mengenai SEPAK BOLA.
Akhirnya, penulis berharap agar makalah ini dapat memberikan sumbangan dalam proses belajar mengajar, terutama pelajaran PENJASKES. Penulis selalu menantikan kritik da saran yang membangun dari para pembaca sebagai upaya penyempurnaan buku ini.

Kendari, 22 maret 2013


Penulis


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.........................................................................................................
DAFTAR ISI.........................................................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN
1.LATAR BELAKANG.............................................................................................
2.RUMUSAN MASALAH..........................................................................................
3.TUJUAN....................................................................................................................
4.MANFAAT................................................................................................................
BAB II: PEMBAHASAN
1.SEPAK BOLA..........................................................................................................
2.SEJARAH PERMAINAN SEPAK BOLA............................................................
3.UKURAN LAPANGAN SEPAK BOLA DAN.....................................................
 PERATURAN SEPAK BOLA..............................................................................
BAB III: KESIMPULAN.....................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................................



BAB I
PENDAHULUAN
  1. LATAR BELAKANG
Sepak bola adalah  olahraga yang dinaungi oleh FIFA. FIFA adalah organisasi yang mengatur kesepak bolaan di dunia. Pada perkembangan abad19-21 perkembanga sepak bola semakin maju. Sepak bola pertama kali dimainkan di inggris. Olahraga sepak bola begitu terkenal di berbagai kalangan. Tidak mengenal usia mulai dari muda,tua,dan anak-anak.
Salah satu Negara yang menggunaan sepak bola sebagai olahraga favorite adalah Indonesia. Indonesia sendiri sangat berkembang olah raga sepak bola. Mulai dari kegiatan ISL,IPL dan berbagai macam lainnya.
  1. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan dari data latar belakang kami dapat mengambil beberapa rumusn masalah yaitu :
a)         Apakah yang dimakud dengan sepak bola
b)         Sejarah permainan sepak bola?
c)         Ukuran lapangan sepak bola, dan peraturan permainan sepak bola.
  1. TUJUAN
Adapun tujuan yang akan dicapai dalam karya tulis ilmiah ini adalah :
a.          Untuk untuk memberikan pengetahuan kepada masyaraka
b.         Untuk memberikan suatu kegiatan bermanfaat
  1. MANFAAT
a)         Agar memberitahukan seberapa penting permainan sepak bola.
b)         Agar dapat memberikan informasi tentang sepak bola yng berkembang dimasyarakat.



BAB II
PEMBAHASAN
1.      SEPAK BOLA
Sepak bola adalah olahraga menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yan menjadikan olahraga terpopuler di dunia. Sepak bola bertujuan untuk memasukan bola kegawang lawan sebanyak-banyakya. Sepak bola dimainkan dilapangan yang berbentu peregi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.
Secara umum, Cuma penjaga gawang aja berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerahgawngnya, sedangkan sepuluh pemain linnya Cuma diijikan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola.
Tim yang paling banyak memasukan bola ke gawang itulah yang keluar menjadi pemenang. Peraturan permainan biasnya dia atur oleh organsasi induk FIFA.
2.      SEJARAH PERMAINAN SEPAK BOLA
Sejarah munculnya permainansepak bola masih mengundang perdebatan> beberapa dokumen menjelaskan bahwa sepak bola lahir pada masa romawi, sebagian lagi mengatakan sepak bola berasal dari tiongkok. FIFA resmi menyatakan bahwa sepak bola berasal dari daratan Cina yaitu berasal dari perminan masyrakat Cina pada abad ke-2 sampai abad ke-3 SM. Olah raga ini dulu dikenal dengan sebutan “tsu chu”.
Sisi sejarah yang lain adalah di yunani purba yang mengenal ssebuah permainan yang disebut episcuro, tidak lain adalah permainan menggunakan bola. Buti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.
Sejarah epak bola  modern dan telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak asal-muasalnya dari inggris, yang dimainkan pertengahan abd ke 19 pada sekolah-sekolah. Tahun 1857 berdiriklub sepak bola pertama di dunia yaitu : Sheffield football club. Klub ini adalah asosiasi sekolah yang menekuni permainan sepa bola.
Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola inggris, yang bernama football association (FA). Badan ini yang mengeluarkan  peraturanpermainan sepak bola,sehingga sepak bola menjadi lebi terorganisir, teratur, dan enak untuk dinikmati penonton.
Selanjutnya tahun 1886 terbentuk lagi badan yang mengeluarkan peraturan sepak bola modern sedunia, yaitu : international football associationboard (IFAB). IFAB dibentuk oleh FA inggris dengan Scottish football association, football association of wales, irish football association di Manchester, inggris.
3.      UKURAN LAPANGAN SEPAK BOLA DAN PERATURAN PERMAIAN SEPAK BOLA
a.       Ukuran lapangan sepak bola
UKURAN INTERNASIONAL
Panjang        : Min 100m (110 yds)- Max 110m (120 yds)
Lebar            : min 64m (70 yds)- Max 75m (80 yds)

DAERAH GAWANG
Dua garis yang ditarik pada sudu kanan ke garis gawang, 5,5 m (6 yds) dari dalam gawang masing-masing. Garis-garis ini ke bidang permainan untuk jarak 5,5m dan bergabung dengan garis yang ditarik dengan garis sejajar dengan garis gawan.

DAERAH PENALTY
Dua garis yang ditarik pada sudut kanan kegaris gawang, 16,5 m (18 yds)  dari dalam gawang masing-masing.


GAWANG
Tinggi tiang gaawang 2,24 meter dan panjang mista gawang 7,32 meter, diameter gawang 12 cm. di beloakang gawang di pasang jala dengan ukuran lubang 10 cm.

BOLA
Bola sepak berukuran 396 sampai 453 gram dan keliling bola 68 sampai 71cm tekanan udara 0,6-1 atm.

LAMA PERMAINAN
Waktu bermain dibagi dua babak 2X45 menit, masa istirahat 15 menit, jika selama 2 X 45 menit belum dapat ditentukan pemenangnya, dilakukan perpanjagan waktu 2X15 menit.
b.      Peraturan permainan sepak bola
Aturan I : lapangan permainan
Lapangan
-     Pertandingan dapat dilakukan di lapangan rumput alami atau rumput sintetis
-     Warna lpangan sintetis harus hijau
-     Jika digunakan lapangan resmi FIFA, lapangan sintetis harus mendapat persutujuan dari FIFA

Garis lapangan
-     Lapangan permainan harus persegi panjang dan ditandai dengan garis
-     Dua garis batas lagi disebut garis sentuh
-     Lapanagan permaian dibagi menjadi 2 bagian dengan garis tengah
-     Tanda pusat akan ditandai dengan titik di garis tengah


BAB III
KESIMPULAN
Sepak bola adalah olahraga menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yan menjadikan olahraga terpopuler di dunia. Sepak bola bertujuan untuk memasukan bola kegawang lawan sebanyak-banyakya. Sepak bola dimainkan dilapangan yang berbentu peregi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.
Olahraga sepak bola pertama kali di temukan di daratan cina yaitu berasal dari perminan masyrakat Cina pada abad ke-2 sampai abad ke-3 SM. Olah raga ini dulu dikenal dengan sebutan “tsu chu”.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar