Senin, 25 Maret 2013

Kebudayaan Suku Tolaki


Daerah Sulawesi tengara daerah yang didiami oleh suku tolaki. Seperti pada bagian konawe, hingga kolaka dan perbatasan bombana , serta daerah kendari bagian timur. Orang tolaki juga mendiami daerah konawe bgian selatan serta utara. 
1.       System Kepercayaan Dan Religi
Sebelum masuknya agama islam di suku tolaki, suku tolaki masih menganut alliran animisme, yaitu masih percaya akan nenek moyang. Namun sekarang telah terdapat beberapa agama seperti, islam dan Kristen. Perkembangan agama hindu dan budha tidak berkembang disusku ini,karena agama hindu dan budha dibawah oleh orang trans dari kebudayaan bali, yang mendiami daerah konawe bagian selatan.
  1. System kekebaratan
Prinsip keturunan suku tolaki adalah parental, yaitu garis keturunan dari ayah dan ibu. Ada hal yang unik dari suku tolaki yaitu, tidak dapat menikah dengan satu darah ataupun saudara kesusuan (saudara satu ASI). Jadi, suku tolaki tidak diperbolehkn menikah dengan saudara seperti itu.
  1. Bahasa
Bahasa yang digunakan adalah bahasa tolaki. Namun, dialeg yang digunakan berbeda-beda seperti, dialeg tolaki sanggona, tolaki, mekongga, dan tolaki konawe.
  1. Kesenian
Suku tolaki terdapat banyak kesenian, seperti tari mombesara untuk menyambut mempelai pria atau maupun wanita. Tari mombesara juga digunakan sebagai jalan minta maaf kepada korban. Ada juga tari monotambe untukmenjemput tamu penting dari raja (pemimpin daerah). Seperti, Presiden, menteri, Anggota Dewan Perwakilan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar